DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

DPRD Banten Gelar Raker Pembahasan Pelaksanaan PPDB Tahun 2021-2022

HUT RI 76TH

SERANG, – Komisi V DPRD Provinsi Banten menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten dan Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Provinsi Banten untuk membahas pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Banten tahun 2021-2022 di ruang rapat Komisi V pada Kamis, (24/06/2021).

Dalam rapat tersebut hadir Kepala Bidang (Kabid) SMA pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Lukman, Kepala Dinas Kominfo Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, Ketua Komisi V DPRD Banten Muhamad Nizar,  Wakil Ketua Komisi V DPRD Banten dr.Yeremia Mendrofa, S.T., MM., MBA, Sekretaris Komisi V DPRD Banten H. Fitron Nur Ikhsan, M.Sc beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi V DPRD Banten Muhamad Nizar memberikan kritikan dan saran kepada Dinas Pendidikan Provinsi Banten dalam mempersiapkan  PPDB 2021.

Nizar menilai, Pemprov Banten tidak belajar dari pelaksanaan PPDB tahun-tahun sebelumnya. Padahal menurutnya, PPDB SMA di Banten sejak 2017 selalu mengalami persoalan yang sama, yakni situs web pendaftaran yang mengalami eror.

“Semenjak tahun 2017, Pemprov enggak belajar-belajar, 5 tahun loh (bermasalah),” ujarnya.

Ketua Komisi V DPRD Banten itu juga kecewa terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten yang tidak menyiapkan pelaksanaan PPDB dengan baik dan matang. Beliau juga menyoroti permasalahan situs resmi PPDB disebabkan karena tidak ada sinkronisasi antara aplikasi dengan server.

Sementara itu, Kepala Bidang SMA Dindik, Lukman mengatakan, bahwa dengan adanya usulan penambahan waktu dalam pelaksanaan PPDB online, hal tersebut akan disampaikan kepada pimpinannya.

“PPDB masih dilakukan secara online. Jika terjadi kendala-kendala dalam pelaksanaan di lapangan, maka bisa dipersilakan untuk datang ke sekolah,” ujarnya.

Berdasarkan hasil keputusan rapat antara Dindik, Diskominfo dan Komisi V DPRD Banten PPDB SMAN jalur zonasi diperpanjang sampai dengan tanggal 28 Juni 2021 pukul 23:59 WIB. Kemudian pengumumannya diubah menjadi tanggal 30 Juni 2021. Lalu daftar ulang zonasi digelar tanggal 8-9 Juli 2021.

Selanjutnya, pendaftaran PPDB SMAN jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan digelar tanggal 1-5 Juli 2021 dan pengumumannya tanggal 7 Juli 2021. Daftar ulang tanggal 8-9 Juli 2021. (Tia/Infopubdok)