DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Sharing Penguatan Lembaga Penyiaran, Pansus DIY Kunjungi DPRD Banten

Banner Idul Fitri 1442H

SERANG, – Komisi I DPRD Provinsi Banten menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Panitia Khusus (Pansus) pengawasan perda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di ruang rapat Komisi I DPRD Provinsi Banten pada Kamis, (15/04/2021).

Adapun acuan kunjungan kerja ini yaitu mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nomor 13 Tahun 2016 tentang penyiaran.

Pada kesempatan ini, Rombongan pansus DIY yang dipimpin oleh Dr. Stevanus Christian Handoko, S.Kom., M.M selaku Ketua Pansus DIY disambut langsung oleh Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten H.Sopwan S.H., M.H dan H.Anda Suhanda, S.E. Selain itu hadir pula Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Provinsi Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati dan Ade Bujhaeri selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Banten beserta jajarannya.

Dalam kesempatan itu, Dr. Stevanus Christian Handoko, S.Kom., M.M selaku Ketua Pansus DIY menanyakan apa saja yang telah dilakukan DPRD Provinsi Banten dalam mendorong penguatan tugas KPID Provinsi Banten dalam menjalankan fungsinya melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ade Bujhaeri selaku Ketua KPID Provinsi Banten mengatakan, bahwa untuk penguatan pengawasan terhadap lembaga penyiaran, pihak KPID membuat call center dan menyebarkan pusat informasi warga. Adapun jika ditemukan aduan atau pelanggaran, maka yang bersangkutan akan didatangkan langsung untuk melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

Selanjutnya Dr.Stevanus Christian Handoko, S.Kom., M.M juga menanyakan terkait literasi media yang ada di Provinsi Banten. “Bagaimana cara KPID, DPRD dan lainnya untuk membangun literasi media di Provinsi Banten?,” tanyanya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Provinsi Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati mengatakan bahwa, untuk meningkatkan literasi media, Kominfo dan KPID sepakat menggandeng kelompok masyarakat dengan tagline Banten Cinta SILAT (Siaran Sehat dan Maslahat) yang juga bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten serta Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Ditempat yang sama, H. Sopwan S.H.,M.H menambahkan, bahwa DPRD Provinsi Banten dalam hal ini Komisi I akan terus berkoordinasi dengan Kominfo Provinsi Banten dan KPID Provinsi Banten untuk terus melakukan terobosan yang baik. “Mengingat belum adanya peraturan daerah dan hanya ada peraturan gubernur yang menaungi regulasi yang berlaku di Provinsi Banten,” pungkasnya. (Tia/Bid.Infopub)

POJOK PARLEMEN