DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Rapat Dengan OPD, Komisi IV Bahas Penanganan Banjir di Wilayah Kabupaten Serang

HANI 2021

SERANG, – DPRD Provinsi Banten melakukan rapat koordinasi dengan mitra Komisi IV terkait penanganan bencana banjir di wilayah Kabupaten Serang , bertempat di Gedung Serba Guna DPRD Provinsi Banten pada Senin (14/12/20).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh H. Fahmi Hakim, SE selaku wakil ketua DPRD Provinsi Banten. Adapun perwakilan dari mitra yang menghadiri rapat koordinasi ini diantaranya Kepala Dinas PUPR Kabupaten Serang, Kepala BPBD Kabupaten Serang, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Serang, Dandim 0602 Serang, Kapolres Kabupaten Serang, Kepala BBWS Cidanau Ciujung Cidurian, Camat Kibin, Kepala Desa Nagara dan Pimpinan Depelover Perumahan Bumi Nagara Lestari.

Dalam Kesempatan itu, Wakil ketua DPRD Provinsi Banten H. Fahmi Hakim memaparkan beberapa hal yang menjadi pandangan umum dari rapat koordinasi ini adalah revitalisasi Sungai Cidanau Ciujung Cidurian dimana revitalisasi ini belum dapat menangani permasaahan bencana banjir di wilayah yang dekat dengan aliran sungai tersebut.

“Pada rapat koordinasi ini kita membahas soal Revitalisasi Sungai Cidanau, Ciujung dan Cidurian, yang dimana revitalisasi ini belum bisa menangani bencana banjir. Apalagi beberapa curah hujan di minggu lalu yang menyebabkan meluapnya air sungai sehingga terjadi banjir di beberapa wilayah yang ada di area yang dilewati aliran sungai tersebut. Sehingga saya rasa harus ada langkah konkrit dan strategis yang perlu dilakukan bersama-sama untuk menangani permasalahan ini baik pasca ataupun pra bencana,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala BBWS Cidanau Ciujung Cidurian memaparkan bahwa dalam melakukan penanganan pra bencana banjir di Daerah Aliran Sungai Cidanau Ciujung Cidurian, BBWS melakukan beberapa langkah-langkah diantaranya membuka posko di musin hujan, malakukan pemantauan debit air selama 24 jam dilengkapi dengan alat pemantau dan alat berat yang standby 24 jam.

“Dalam melaksanakan penanganan banjir kami melakukan beberapa hal diantaranta yaitu membuka posko saat musin hujan, melakukan pemantauan debit air selama 24 jam dan juga alat berat yang selalu standby 24 jadi ketika terjadi longsor bisa langsung ditangani juga. Selain itu kami juga terus berkoordinasi dengan masyarakat setempat untuk sekiranya membantu jikalau ada hal-hal yang tidak bisa kami tangani,” jelasnya.

Dalam rapat koordinasi ini semua mitra diberikan kesempatan untuk memaparkan apa saja yang telah dilaksanakan untuk membantu menangani permasalahan banjir di area aliran sungan Cidanau Ciujung Cidurian ini, dan para mitra ini berupaya untuk melakukan upaya penanganan yang terbaik guna menanggulangi permasaahan banjir di Kabupaten Serang khususnya di Daerah Aliran Sungai Cidanau, Ciujung dan Cidurian yang perlu diberikan perhatian lebih. (Yuni/Bid. Infopub)

POJOK PARLEMEN