DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Ketua DPRD Banten Terima Uang Edisi Kemerdekaan ke-75 RI

SERANG – Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni menerima kunjungan dari Bank Indonesia Provinsi Banten pada Selasa, (25/08/2020).

Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka penyerahan uang peringatan kemerdekaan RI Ke-75 kepada DPRD Provinsi Banten yang diterima oleh Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni.

Uang ini disebut sebagai “uang peringatan” (commemorativ money) yang dikeluarkan Bank Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.

Untuk diketahui, bahwa penerbitan seri khusus Rp75.000 itu hanya dicetak dalam jumlah terbatas yakni 75 juta lembar. Hal itu sebagai simbol rasa syukur kemerdekaan RI.

Erwin Soeriadimadja selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyampaikan, bahwa Ketua DPRD Banten sebagai salah satu stakeholder utama Bank Indonesia di Provinsi Banten berhak menerima simbolik uang peringatan kemerdekaan RI ini.

“Pagi ini perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten mengantarkan uang peringatan kemerdekaan RI kepada bapak Andra Soni sebagai wujud apresiasi kita (Bank Indonesia) karena beliau telah banyak mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erwin juga menjelaskan prosedur untuk mendapatkan uang pecahan Rp75.000 ini yaitu dengan cara mandiri yang dapat diakses melalui aplikasi website http://pintar.bi.go.id atau kolektif yang dikumpulkan oleh satu orang dengan prosedur satu KTP untuk satu orang.

Sementara itu, Ketua DPRD Banten Andra Soni mengatakan, meski menerima uang peringatan kemerdekaan RI Ke-75, namun dirinya tidak melakukan kolektif untuk mendapatkan uang tersebut karena menurutnya uang tersebut merupakan hak seluruh rakyat Indonesia.

“Karena ini uang peringatan kemerdekaan, jadi tidak melakukan upaya kolektif karena ini adalah hak semua rakyat. BI juga punya prosedur sendiri jadi tidak ada keistimewaan DPRD dalam hal ini,” tutupnya. (Tia/Bid.Infopub)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN