DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

DPRD Banten Bahas Raperda Rencana Umum Energi Daerah dan Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman

SERANG, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten menggelar rapat Paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usul DPRD tentang Rencana Umum Energi Daerah dan Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Ruang Serba Guna (GSG) Provinsi Banten dengan menggunakan Protokol Covid-19, Selasa, (24/06/2020).

Anggota Komisi IV DPRD Banten, Dede Rohana Putra SE. M.Si. menyampaikan, bahwa salah satu tugas dan wewenang DPRD adalah membuat peraturan daerah (Perda). Perda tersebut kata Dede, bisa bersumber dari eksekutif atau ada juga perda inisiatif dari DPRD.

“InsyaAllah tahun ini DPRD Banten akan menyelesaikan dua perda inisiatif DPRD, yaitu perda Rencana Umum Enerdi Daerah (RUED) dan Perda Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Banten (PKP),” tuturnya.

Anggota DPRD Provinsi Banten Dari Fraksi Partai PAN ini juga menjelaskan, bahwa perda RUED akan mengatur perencanaan dan kewenangan Pemerintah Provinsi Banten dalam hal energi.

“Melalui perda ini maka kita petakan mana kewenangan provinsi yang bukan kewenangan Pemerintah Pusat, agar kedepan dalam perencanaan maupun pembiayaan kegiatan energi di Banten ada payung hukum dan Pemerintah Provinsi Banten bisa lebih banyak lagi melakukan pembinaan maupun pembangunan dalam sektor energi yang sangat dibutuhkan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Dede mengatakan, bahwa Perda PKP sendiri akan memberikan payung hukum kepada Pemerintah Provinsi dalam membangun daerah kumuh maupun fasilitas sarana umum di permukiman yang belum tersentuh oleh pemerintah Kabupaten/Kota maupun dana desa.

“Kedepan Pemerintah Provinsi bisa lebih banyak membangun fasilitas di permukiman yang selama ini dikeluhkan dan butuhkan masyarakat. Semoga perda ini menjadi amal jariyah kami sebagai anggota DPRD Banten dalam membuat peraturan yang memihak dan mengedepankan kepentingan masyarakat,” tandasnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN