DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Wakil Ketua DPRD Banten Terima Kunjungan MUI Banten

SERANG – Wakil ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati menerima kunjungan perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten di ruang pimpinan DPRD Banten pada Kamis, (18/06/2020).

Kedatangan Ketua MUI Provinsi Banten KH. AM Romly beserta jajaran dalam rangka membahas RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang mendapat sikap keberatan dari MUI Provinsi Banten. Ia mengaku, pihaknya keberatan terhadap RUU tersebut baik dari sisi naskah akademik maupun struktur penyusunan perundang-undangannya yang belakangan ini menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat.

KH. AM Romly menjelaskan, kedatangannya ke DPRD Provinsi Banten guna menempuh jalur konstitusional karena RUU HIP tersebut dirasa dapat menghilangkan esensi dari pancasila.

Beliau juga mengungkapkan, setelah melakukan kunjungan hari ini dirinya berharap Wakil Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati sebagai perwakilan dari DPRD Provinsi Banten dapat menindaklanjuti aspirasinya serta dapat meredam kegaduhan ditengah masyarakat.

“Semoga apa yang saya sampaikan dapat ditindak lanjuti agar dapat meredam kegaduhan di tengah masyarakat dan semoga MUI Kabupaten dan Kota dapat melakukan audiensi dengan DPRD setempat,” harapnya.

Ditempat yang sama, wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M.Nawa Said Dimyati mengatakan, bahwa menurutnya RUU HIP tersebut dirasa tidak pas dibahas ditengah pandemi Covid-19. Ia juga menilai bahwa materi draft yang disampaikan juga belum terlalu matang sehingga menimbulkan pro dan kontra ditengah masyarakat.

Namun beliau mengatakan, bahwa apa yang disampaikan MUI Provinsi Banten akan disampaikan kepada MUI Republik indonesia untuk ditindak lanjuti.

“DPRD Provinsi Banten tidak bisa bicara panjang lebar. Nanti akan kami sampaikan ke pusat bahwa ada masukan dari MUI Provinsi Banten yang tidak menginginkan situasi kebangsaan menjadi terbelah,” ujarnya.

Diakhir perbincangan, M.Nawa Said Dimyati mengungkapkan keyakinannya bahwa apa yang disampaikan oleh MUI beserta ormas-ormas lainnya akan didengar oleh pemerintah pusat.

“Terakhir saya mengucapkan terima kasih kepada MUI Provinsi Banten kerena sudah mengingatkan semuanya yang ada di DPRD Banten ini agar tidak salah jalan,” tutupnya. (Bid. Infopub)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN