DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Fraksi PKS DPRD Banten Dorong Lahirnya Perda Ketahanan Keluarga

SERANG, – Anggota Fraksi PKS Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Dr. Hj. Shinta Wishnu Wardhani mengatakan, bahwa pihaknya akan mendorong peningkatan status Kota Layak Anak (KLA) disetiap Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Selain itu, ia mengaku bahwa Fraksi PKS DPRD Banten akan mendorong lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga.

“Kita akan mendorong peningkatkan status KLA di setiap kota/kabupaten dari pratama menjadi madya, dari madya menjadi Nindya. Kedepan kita juga akan mencegah kekerasan terhadap anak dan perempuan agar masyarakat paham bagaimana memperlakukan perempuan dan anak. Perlu diperkuat ketahanan dalam masing-masing keluarga, PKS akan mendorong lahirnya perda tentang ketahanan keluarga ini,” tuturnya.

Menurutnya, permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang menjadib poin utama yaitu minimnya perhatian dan pemahaman dari masyarakat dalam memberikan perlakukan terhadap perempuan dan anak.

Ia juga menilai, saat ini masih banyak korban kekerasan yang tidak melaporkan kasus tersebut kepada pihak yang berwajib sehingga hal tersebut menjadi faktor utama masih terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, sebagian besar tabu atau malu untuk melapor, karena bisa saja pelakunya adalah orang yang dekat atau yang dihormati,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini Pemerintah juga sudah banyak menggulirkan program sebagai upaya perlindungan perempuan dan anak, namun demikian menurutnya program tersebut harus terus ditingkatkan.

“Seperti pencanangan Kota Layak Anak, yang terbaru pencanangan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan. Tapi hal ini masih harus ditingkatkan,” pungkasnya. (Bid. Infodok/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN