DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

DPRD Banten Dorong Peningkatan Pembina Pramuka di Provinsi Banten

SERANG, – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Banten melakukan silaturahmi dengan Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, di ruang rapat Ketua DPRD Banten Rabu, (29/01/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Banten H. Mohammad Masduki, M.Si. menyampaikan, bahwa kedatangannya ke DPRD Banten untuk menjalin silaturahmi serta memperkenalkan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Banten.

Ia menjelaskan, sesuai dengan struktur organisasi kepramukaan, ketua DPRD Provinsi Banten memiliki jabatan di Pramuka sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Provinsi Banten. Ia mengaku, dirinya sangat bangga dan senang karena ketua DPRD Provinsi Banten sangat merespon kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarga Banten.

“Insya Allah ke depan Pramuka Banten akan lebih kuat dan lebih berkembang lagi melalui dorongan Ketua DPRD Banten ini,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur Banten ini juga menyampaikan, bahwa saat ini yang menjadi PR yakni para guru ekstrakurikuler wajib tersebut kurang mendapatkan perhatian. Maka dari itu, pihaknya mendorong DPRD Banten agar membuat Perda terkait ekstrakurikuler wajib ini agar semakin menguatkan Permen yang sudah ada.

“Saat ini peserta didik pramuka di Banten sekitar 1,1 juta, sementara pembinanya ada 19 ribu, tentu ini perlu diperhatikan. Kami berharap, DPRD Banten dapat memasukan usulan Perda tersebut untuk dimasukan ke pembahasan Perda Pendidikan yang nanti akan dibahas,” ucapnya.

Sementara itu ketua DPRD antara Soni mengaku, dengan kehadiran Kwarda Banten dirinya merasa tertular semangat kepemudaan. Menurutnya kehadiran kakak-kakak pramuka menjadi dorongan dan motivasi agar dirinya dapat terus berkarya.

“Seperti kakak-kakak Pramuka yang hadir pada saat ini yakni jiwa muda yang suka berkarya. Saat kita berhenti berkarya selesailah hidup kita, maka dari itu secara moral saya dapat ajakan untuk terus berkarya. Kedatangan kakak-kakak Pramuka ini merupakan sebuah penghargaan untuk kami sebuah penghormatan juga untuk kami untuk terus berkarya,” tuturnya.

Sementara, terkait jumlah pembina pramuka di Banten yang masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah peserta didik pramuka yang mencapai jutaan, Andra mengaku, pihaknya akan mendorong peningkatan pembina di Provinsi Banten sesuai yang diharapkan oleh Kwarda Banten.

“Ini memang masih kurang, sehingga tadi yang diharapkan oleh Ketua Kwarda agar DPRD bisa memberi dukungan berupa aturan atau dukungan lainnya agar masalah tersebut bisa diatasi, tentu kita siap mendukung terhadap pembinaan pramuka di Banten agar semakin berkembang,” tandasnya. (Bid. Infodok/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN