DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten
PENCEGAHAN CORONA

Perkuat Toleransi Beragama, Ketua DPRD Banten Kunjungi Vihara Avalokitesvara

SERANG, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni mengunjungi Vihara Avalokitesvara Banten, kunjungan Ketua DPRD Banten tersebut bertepatan dengan Hari Raya Imlek 2571 tahun 2020 Sabtu, (25/01/2020).⁣

Andra menyampaikan, bahwa dirinya merasa bangga bias hadir ditengah keberagaman yang ada di banten. Ia juga mengaku, kehadirannya di Vihara Avalokitesvara untuk mengucapkan secara langsung perayaan imlek kepada warga Banten yang merayakannya.

“Dalam lawatan kali ini, saya ditemani Ketua Umum Vihara Avalokitesvara Banten, Bapak Lu Fang Qing menyusuri sudut-sudut tempat pribadatan ini, saya merasa bangga, bahwa kerukunan dan keberagaman di Indonesia khususnya di Banten dapat dirawat dengan baik,” tuturnya.

Andra menyampaikan, bahwa cagar budaya Vihara Avalokitesvara Banten ini sudah ada sejak abad ke-16 zaman Kesultana Banten, Perayaan Imlek di Vihara Avalokitesvara Banten ini menurutnya dapat juga menjadi daya tarik wisatawan sebagai gambaran kerukunan dan keberagaman di Indonesia.

“Warga kita juga yang muslim bisa menyaksikan, ini menjadi conoh nyata di Banten itu kemajemukan terjaga dengan baik, saling menghargai perayaan kebudayaan penganut agama masing-masing,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Vihara Avalokitesvara Banten, Lu Fang Qing mengatakan, bahwa sebenarnya perayaan imlek merupakan tradisi turun temurun dalam merayakan pergantian musim dingin ke musim semi. ”Ini (Perayaan Imlek-red) sebagai wujud syukur kita kapada yang di atas, ini tradisi,” ujarnya.

Dalam tradisi perayaan imlek Lu Fang Qing mengatakan, biasanya penganut melakukan beberapa ritual sebagai ungkapan rasa syukur. (Bid. Infodok/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN