DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten
PENCEGAHAN CORONA

Dewan Minta Pemprov Banten Gunakan Anggaran BTT Untuk Pembangunan Jembatan Darurat di Lebak

SERANG, – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten Drs.Iip Makmur meminta kepada Pemerintah Provinsi Banten agar menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk pembangunan jembatan darurat. Karena menurutnya, saat ini masyarakat terdampak banjir khususnya di Kabupaten Lebak sangat membutuhkan jembatan darurat sebagai akses evakuasi masyarakat.

Selain itu, Iip juga mengusulkan agar para Kepala Daerah dapat menekan para pengusaha agar mengeluarka dana CSR untuk bantuan bencana. Hal ini menurutnya sangat mungkin dilakukan oleh kepala daerah sehingga sumber pembiayaan pemulihan pasca bencana dapat lebih maksimal.

“Saya minta kepada pak sekda agar dana BTT digunakan untuk pembanguna jembatan darurat. Karena ini yang sangat urgent dan dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu juga kenapa tidak kita minta kepada perusahaan agar menggulirkan CSR untuk penanganan bencana,” ujar Iip dalam rapat Koordinasi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Banten Kusmayadi mengatakan, sampai saat ini Pemrpov Banten masih menunggu data resmi dari pemkab Lebak terkait rumah yang mengalami kerusakan, dari catatan BPBD Banten hampir 3 ribu lebih rumah yang terdampak.

“Ada 1110 unit rumah terendam, 521 unit rumah rusak ringan dan 1410 unit rumah rusak berat. Tapi fixnya nanti menunggu laporan dari BPBD Lebak,” jelasnya.

Ia mengaku, BPDB akan secepatnya melakukan pemantapan data rumah rusak. Setelah melakukan pemantapan, pihaknya akan segera melimpahkan data tersebut kepada pemerintah pusat untuk dibangunkan hunian tetap.

“BPBD Banten terus memantapkan data rumah rusak akibat banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak. Nantinya akan kami serahkan ke pemerintah pusat untuk dilakukan pembangunan hunian tetap bagi korban terdampak bencana,” paparnya

Dikatakan Kusmayadi, pihaknya baru menerima rekapitulasi jembatan yang mengalami kerusakan akibat bencana. Kata dia, menurut laporan dinas PUPR Banten ada dua jembatan yang menjadi kewenangan Provinsi Banten untuk diperbaiki. 

“Keduanya yakni jembatan Cinyiru dan Ciberang. Sejauh ini DPUPR tengah melakukan kajian untuk melakukan proses pembangunan kedua jembatan tersebut,” tandas Kusmayadi. (Bid. Infodok/humas)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN