DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten
MTQ XVII PROV BANTEN

DPRD Banten Dorong Ombudsman Tingkatkan Pengawasan Pelayanan Publik

SERANG, – Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni menerima kunjungan Ombudsman perwakilan Provinsi Banten di Gedung DPRD Provinsi Banten Rabu (15/1/2020). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka koordinasi pengawasan pelayanan publik di Provinsi Banten.⁣

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Banten, Andra Soni mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan rombongan Ombudsman perwakilan Provinsi Banten. Ia juga mengaku akan selalu terbuka dengan seluruh pihak yang ingin membangun Provinsi Banten kearah yang lebih baik lagi.

“Kita ucapkan terimakasih kepada Ombudsman Banten yang sudah berkunjung. Tentu kita akan selalu terbuka dengan seluruh pihak yang ingin membangun Provinsi Banten kearah yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Andra menambahkan, sejauh ini DPRD Banten juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari aprarat penegak hukum, lembaga pengawasan hingga berbagai elemen masyarakat. Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya untuk bisa bersama-sama membangun Provinsi Banten ke arah lebih baik lagi.

“Kita juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi membangun Provinsi Banten khususnya dalam mengawasi setiap program yang ada dilingkup Pemprov Banten agar bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI perwakilan Provinsi Banten, Dedi Irsan mengatakan, maksud dan tujuan kedatangannya tersebut, tidak lain untuk membahas langkah-langkah selanjutnya antara Ombudsan dengan DPRD Banten, dalam mengawasi seluruh kegiatan dan program pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Ombudsman memiliki fungsi yang sama dengan dewan, sebagai fungsi pengawas. Sehingga perlu kolaborasi pengawasan pelayanan publik mengenai penyelenggaraan pemerintahan dan OPD (Organisasi perangkat Daerah), khususnya di lingkungan Pemprov Banten,” ujarnya.

Melalui kolaborasi dan sinergitas kedua belah pihak tersebut, pihaknya berharap, antara Ombudsman dengan DPRD Banten bisa bersama-sama mengawasi setiap program yang ada, sekaligus dalam mencarikan jalan keluarnya apabila terjadi masalah, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan publik kepada masyarakat agar bisa lebih cepat direalisasikan.

Selain itu, pihaknya juga berharap, dengan dibangunnya kerjasama kedua lembaga tersebut, nantinya diharapkan bisa membawa perubahan bagi peningkatan pelayanan publik di Provinsi Banten kearah yang lebih baik dan berkualitas lagi.

“Pelayanan publik yang dilakukan Pemprov Banten dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat masih belum begitu maksimal alias masih sedang-sedang saja,” pungkasnya. (Bid. Infodok/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN