DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Pemprov Banten Target Pertahankan Predikat Informatif Keterbukaan Informasi Publik

SERANG,- Komisi Informasi Provinsi Banten menggelar rapat koordinasi terkait Keterbukaan Informasi Publik dan Evaluasi Monev 2020 bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten bersama dengan perwakilan DPRD Provinsi Banten, Rabu (20/01/2021).

Rapat Koordinasi dihadiri oleh Wakil Ketua DRPD provinsi Banten Budi Prayogo, Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten Hilman S, M. Si, Anggota Komisi Informasi Provinsi Banten, PPID utama Provinsi Banten, PPID pembantu Provinsi Banten beserta jajaran OPD lainnya.

Rapat koordinasi dimulai oleh Hilman S, M.Si selaku Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten yang memaparkan bahwa Provinsi Banten berhasil meraih predikat Banten Informatif. Kemudian rapat koordinasi dibuka oleh Wakil Ketua DPRD provinsi Banten Budi Prayogo. Dan pemaparan materi disampaikan oleh Ir. Hj. Neng Nurcahyati selaku PPID utama dan Heri Wahidin selaku Anggota Komisi Informasi Provinsi Banten.

Pada rapat koordinasi ada dua hal yang menjadi pembahasan. Pertama, terkait keterbukaan informasi publik, bagaimana cara mempertahankan Banten Informatif tahun 2021 yang sebelumnya telah diraih pada tahun 2020. Yang kedua, evaluasi monev badan publik tahun 2020.

Sebelumnya, Provinsi Banten berada pada peringkat ke 6 dengan nilai 96,01 dalam keterbukaan informasi publik. Ada tiga hal yang menunjang keterbukaan informasi publik yaitu Teknologi, Informasi (konten), digitaliasasi (sistem).

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh PPID pembantu dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik seperti pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik dan penyediaan informasi publik.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten Hilman, M.Si mengatakan bahwa dilaksanakannya rapat koordinasi guna mempertahankan dan meningkatkan kinerja PPID dalam upaya Banten Informatif.

“Rapat koordinasi dengan PPID pembantu se-provinsi Banten dalam rangka memastikan bahwa pelaksanaan monev 2020 sudah dilaksanakan. Kemudian catatan-catatan apa saja yang perlu diperbaiki pada pada tahun 2021. Pada tahun 2021 ini, kita sudah mulai menyerahkan atau mengirimkan surat ke semua OPD di provinsi Banten untuk mengirimkan Laporan Layanan Informasi Publik (LLIP). Ini merupakan sarana untuk mengingatkan PPID pembantu untuk fokus bahwa tugas dan fungsi sudah mulai berjalan sejak januari 2021,” tuturnya.

Rapat koordinasi diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dengan beberapa perwakilan OPD terkait peningkatkan kinerja badan publik dalam meningkatkan informasi publik di Provinsi Banten. (Ayu/Bid.infopub)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN