DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten
PENCEGAHAN CORONA

Aspirasikan Suara Masyarakat, Komisi V DPRD Banten Kunjungi LLDIKTI Wilayah IV

BANDUNG, – Pimpinan dan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, tepatnya Jl.Penghulu H.Hasan Mustofa No.38 Bandung, Senin (10/02/2020).

Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka konsultasi mengenai Program Beasiswa PPA dan Beasiswa Bidikmisi Tahun 2020 ini diikuti oleh Ketua Komisi V Muhamad Nizar, Sekretaris H. Fitron Nur Ikhsan, M.Sc, Dr. Yeremia Mendrofa, S.T., M.M., MBA. beserta para anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten.

Dalam kesempatan itu, rombongan Komisi V DPRD Provinsi Banten diterima oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. dan Sekretaris, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. beserta jajaran di Aula Gedung A Kantor LLDIKTI Wilayah IV.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran Komisi V DPRD Banten. Dalam kesempatan itu, Umam juga menyampaikan paparan mengenai Beasiswa Bidikmisi dan PPA.

Dalam paparannya disampaikan bahwa, beasiswa bidikmisi pelaksanaannya diarahkan untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) aktif. Beasiswa bidikmisi diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki kompetensi dan kapasitas serta motivasi yang tinggi tetapi kurang secara finansial.

Kemudian, kuota beasiswa bidikmisi diberikan kepada kampus atas usulan yang disampaikan ke LLDIKTI. “Beasiswa bidikmisi diberikan bagi kampus yang mau saja, karena sifatnya minimalis, karena mahasiswa tidak boleh dipungut sepeser pun oleh kampus,” ujar Umam.

Lebih lanjut Umam menyampaikan, bahwa sumber beasiswa juga tidak hanya dari Kementerian saja, melainkan juga berasal dari beasiswa Aspirasi Anggota DPR. Selain beasiswa bidikmisi, terdapat juga Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). “Beasiswa PPA diberikan tidak atas pengajuan dari kampus, namun diberikan atas prestasi yang diraih oleh kampus dan mahasiswanya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi V DPRD Banten Muhamad Nizar mengatakan, kunjungan kali ini bertujuan untuk mengetahui program beasiswa PPA dan beasiswa Bidikmisi tahun 2020.

Ia mengungkapkan, secara keseluruhan jumlah Bidikmisi tahun 2019 meningkat dari 3183 menjadi 6853 atau meningkat 115 persen. Ia mengatakan, komisi 5 DPRD Provinsi Banten mengharapkan alokasi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) dan Bidikmisi bertambah sehingga lebih banyak memberikan kesempatan kepada masyarakat provinsi Banten untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi.

“Semoga hasil kunjungan ini dapat bermanfaat dan juga bisa sebagai bahan masukan untuk Provinsi Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPRD Banten, Dr. Yeremia Mendrofa, S.T., M.M., MBA., menyampaikan bahwa, kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silaturahim dan penyampaian aspirasi dari masyarakat Banten.

Yeremia berharap, masalah-masalah terkait pendidikan tinggi di wilayah Banten dapat terselesaikan khususnya permasalahan beasiswa ini. (Nani/Bid. Infodok)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN