DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

Sharing Program Keluarga Harapan, DPRD Lampung Kunjungi DPRD Banten

Banner Idul Fitri 1442H

SERANG, – Kepala Bagian Humas dan Aspirasi H. Toton Suriawinata., M.Si menerima kunjungan dari rombongan Komisi V DPRD Provinsi Lampung, bertempat di ruang rapat Komisi V DPRD Provinsi Banten, Jumat (09/03/21).

Dalam kegiatan ini rombongan Komisi V DPRD Provinsi Lampung dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I sekaligus Koordinator Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni, SE., MM. Dalam kesempatan itu, hadir pula koordinator pelaksana program PKH Dinas Sosial Provinsi Banten, Slamet Riyadi.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni, SE., MM menyampaikan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih karena telah disambut sangat baik oleh pihak DPRD Provinsi Banten. Ia mengungkapkan, bahwa maksud dan tunjuan dari kunjungan kerja kali ini yakni untuk berdiskusi dan sharing informasi terkait pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) yang dijalankan di Provinsi Banten.

Sementara itu, H. Toton Suriawinata., M.Si selaku Kabag Humas dan Aspirasi pada Sekretariat DPRD Provinsi Banten menyampaikan, bahwa dirinya selaku perwakilan dari Sekretariat DPRD Banten dan mewakili Komisi V meminta maaf sebelumnya karena dalam kegiatan ini anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten berhalangan untuk hadir dikarenakan semua anggota sedang melakukan kunjungan kerja ke Bandung.

Namun demikian ia mengaku, telah diberikan amanah untuk menyambut kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Lampung ini. Selain itu, ia berharap, untuk bisa sama-sama berdiskusi dan bertukar gagasan terkait pokok pambahasan dalam kunjungan kerja tersebut.

“Saya mengucapkan selamat datang di Provinsi Banten, Alhamdulillah bapak-ibu selamat dalam perjalanan. Tentunya pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa komisi V DPRD Provinsi Banten sedang melakukan kunjungan ke Bandung, sehingga saya selaku kabag humas dan aspirasi diberikan tugas untuk menyambut bapak dan ibu sekalian,” tuturnya.

“Dan barangkali kami juga sangat berharap diskusi tentang PKH ini bisa kita gunakan untuk sharing dan bertukar informasi terkait bagaimana pelaksanaan di Banten dan yang berlaku di Lampung agar senantiasa kami juga bisa belajar dari bapak ibu DPRD Lampung,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Dinsos Provinsi Banten, Slamet Riadi memaparkan, bahwa Program Keluarga Harapan di Provinsi Banten dimulai pada tahun 2008. Menurutnya perkembangan program tersebut hingga sampai saat ini dari 8 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten sudah tercover oleh program PKH.

“Dari total keluarga kurang mampu yang tercantum dalam basis data sebanyak 648.000 Keluarga, yang sudah mendapatkan PKH sebanyak 315.000 atau jika di presentasekan baru 15% nya saja,namun demikian Pemerintah Provinsi juga mengeluarkan dana untuk masyarakat yang belum tercover oleh PKH, dimana program ini dinamakan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu),” paparnya.

“Dimana skema dan modelnya hampir sama dengan PKH namun yang membedakan adalah sumber dananya. Selain itu, untuk PKH itu diberikan tergantung komponsn sesuai jumlah anggota keluarga, sedangkan Jamsosratu itu flat dengan sebesar Rp 1.250.000 per tahunnya, disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya. (Yuni/Bid. Infopub)

POJOK PARLEMEN