DPRD BANTEN

77 Tahun Kemerdekaan, Ketua DPRD Banten Ajak Masyarakat Menggelorakan Semangat Perjuangan Ditengah Krisis Global

SERANG,- Pemerintah Provinsi Banten melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-77, pada Rabu (17/08/22).

Upacara dilaksanakn di Lapangan Mesjid Raya Al-Bantani yang berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) ini diikuti oleh Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Ketua DPRD Banten Andra Soni, Wakil Ketua DPRD H. Fahmi Hakim, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Unsur Forkopimda, Kepala OPD atau Pejabat yang mewakili Instansi Vertikal di Lingukngan Pemerintah Provinsi Banten, perwakilan pelajar/mahasiswa serta perwakilan ormas.


Dr. Al Muktabar selaku inspektur upacara dalam amanahnya menjelaskan bahwa kemerdekaan ini diperoleh dengan penuh perjuangan. Sehingga dalam merefleksikan 77 Tahun Kemerdekaan, penting ditekankan untuk semua pelajar dan generasi muda khususnya di Banten untuk mampu mengimplemetasikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

“Dalam merefleksikan 77 Tahun kemerdekaan, jauh sebelum itu perjuangan sudah dikobarkan. Dan saya tekankan untuk semua pelajar dan para generasi muda sebagai agen perubahan untuk bisa mengimplemetasikian nilai-nilai luhur bangsa. Ditengah era modern dan globalisasi ini tantangan kita semakin berat, bukan harus melawan penjajah namun kita harus mampu bersaing secara cerdas,” jelasnya.

“Kita juga isi kemerdekaan dengan mengapresiasi banyak hal yang telah dicapai. Atas capaian itu kita haturkan terimakasih kepada pemerintah, presiden jajaran Menteri dan semua rakyat Indonesia yang juga berkonstribusi dalam memajukan negara ini,” tandasnya.

Sementara itu usai upacara dilaksanakan, Ketua DPRD Andra Soni menyampaikan bahwa, di hari Kemerdekaan ke 77 yang bertemakan “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” harus dijadikan cambukan untuk semangat perjuangan. Menurut Andra bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang kuat, terlebih saat ini masih berada di situasi pandemi, namun walau demikian tidak mengugurkan semangat untuk bangkit dari keterpurukan sesuai dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu bertahan ditengah krisis global.

“Kemerdekaan ke-77 dengan tema Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat ini harus dijadikan cambukan untuk terus menggelorakan semangat perjuangan. Bangsa kita ini bangsa yang kuat terbukti seperti yang disampaikan presiden kemarin dalam pidato kenegaraannya bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mampu bertahan ditengah krisis global. Kita patut berbangga akan hal itu,” pungkasnya.


Untuk diketahui bahwa satuan tugas terdiri dari anggota TNI dan Polri. Sementara itu Ketua DPRD Andra Soni bertugas membacakan Teks Proklamasi dan Kapolda Irjen Rudy Heriyanto membacakan Teks Pancasila.

Rangkaian kegiatan HUT RI ke-77 di tingkat Provinsi Banten ini dilanjutkan pula dengan pelaksanaan Upacara detik-detik Proklamasi yang dilaksanakan oleh unsur Forkopimda bersama dengan Presiden Joko Widodo melalui zoom meeting di Pendopo Gubernur Banten. (Yuni/BidInfoPub&Dok)