DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROV. BANTEN
Situs Resmi DPRD Prov. Banten

PESTA RAKYAT BEDOLAN PAMARAYAN DIPADATI RIBUAN PENGUNJUNG DARI BERBAGAI DAERAH

PAMARAYAN adalah salah satu wilayah Kabupaten Serang yang dikenal dengan bendungan, yakni saluran irigasi sepanjang ratusan meter yang dilengkapi dengan 10 pintu air berukuran raksasa. 
Diameter setiap pintu hampir 10 meter lebih, yang merupakan bangunan utama. Selain itu juga memiliki dua menara yang terletak di sisi kanan dan kiri bendungan.
Untuk menggerakkan setiap pintu air yang dibuat dari baja tersebut, digunakan rantai mirip rantai motor yang berukuran besar. Sepuluh rantai dikaitkan pada roda gigi elektrik yang terletak di bagian atas bendungan. Roda-roda gigi yang berfungsi untuk menggerakkan pintu air berjumlah puluhan di dalam 30 bok tipe 1, 2 dan 3 (berukuran sedang) dan roda gigi tipe 4 dan 5 (berukuran besar).

Setidaknya ada 20 as kopel berdiameter sekitar tujuh sentimeter dan panjang 1,5 meter sebagai penghubung roda gigi di setiap pintu air. Sarana pengairan untuk lahan pertanian itu, dibangun tahun 1901 sesuai dengan almanak yang tertera pada salah satu pintu air.

Berdasarkan catatan sejarah, pengerjaan proyek bendungan itu selesai 1914 dan air mulai disalurkan 1918. Di samping bendungan itu, terdapat bangunan yang digunakan oleh kolonial Belanda untuk membayar upah para pekerja atau biasa disebut warga sekitar yang sebagian besar menggunakan bahasa Sunda sebagai tempat ”Pamayaran”.

Seperti ditulis kabar-banten.com, bendungan Pamarayan merupakan salah satu peninggalan arsitektur masa kolonial Belanda di Banten yang masih kokoh berdiri. Dari peninggalan sejarah yang mencatat kejayaan pembangunan di sektor pertanian tersebut, terdapat tradisi “Bedol Pamarayan” atau yang dalam dua tahun terakhir ini dihidupkan kembali dengan nama “Bedolan Pamarayan”.
Bedol Pamarayan dilakukan setiap tanggal sepuluh bulan sepuluh setiap setahun sekali. Tradisi tersebut dimulai sejak zaman Belanda, untuk mencitrakan bahwa bendungan ini adalah milik rakyat. Bedolan Pamarayan yang di masa lampau menjadi pesta para petani saat memasuki musim tanam, kini menjadi pestanya warga Kabupaten Serang dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serang.
Sebar 185 ribu ikan
Pada tahun ini atau tahun kedua setelah 10 tahun tak pernah digelar, Pemkab Serang kembali menggelar Bedolan Bendung Pamarayan pada 13 Oktober 2018. Sebelum bedolan dilakukan, sebanyak 185 ribu ikan disebar di hulu bendungan tersebut.
Rangkaian acara Bedolan Pamarayan dimulai 11 Oktober, diawali dengan gerakan sadar wisata Kabupaten Serang Gersang. Kegiatannya bersih-bersih lingkungan bersama kelompok sadar wisata, pemuda, kang nong, komunitas peduli wisata, dan masyarakat,” kata Kepala Seksi Promosi Pariwisata pada Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Disporapar Kabupaten Serang, Marisca Theresia.

Twitter: https://twitter.com/WscmediaBanten?s=08
Instagram: https://www.instagram.com/wscmediabanten/
Facebook: https://www.facebook.com/divisimediadankomunikasiwsc/
Pos Elektronik: wscmediabanten@gmail.com

Dipublikasi : 2018-10-13 22:43:52
Subcribe : https://www.youtube.com/watch?v=tpJfzwMRK-A

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

POJOK PARLEMEN