Rabu, 12 Desember 2018 05:03:39 Wib



Berita Dewan

Tujuh Naskah Akademik Raperda Disetujui Bapperda

Rabu, 21 November 2018 23:34:23 wib Dibaca: 14 Pengunjung
Rapat Bapperda DPRD mengenai naskah akademik.

SERANG, HUMAS DPRD.-Tujuh naskah akademik Raperda disetujui Badan Pembentukan Perda (Bapperda) DPRD Provinsi Banten dalam rapat pembahasan Raperda di Ruang Rapat Bapperda di KP3B, Curug Kota Serang, Rabu (21/11/2018). Naksah akademik Raperda tersebut, yakni naskah akademik Raperda Tentang Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah, Pengembangan Ekonomi Kreatif, Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Provinsi Banten, Penyelenggaraan Transportasi di Provinsi Banten, Pengelolaan Energi dan Ketenagalistrikan di Provinsi Banten, Pelestarian Budaya, Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Daerah di Provinsi Banten.

Ketua Bapperda DPRD Provinsi Banten, Rahmat mengatakan, penjelasan naskah akademik Raperda disampaikan pemrakarsa yang berasal dari Komisi I, III, IV dan IV."Penjelasan naskah akademik Raperda ini sudah memuat pokok pikiran dan materi muatan yang akan diatur,"kata Rahmat.

Menurut Rahmat, naskah akademik digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Raperda."Ini merupakan tahapan proses pembentukan Perda, karena dalam pembentukan Perda harus diawali dulu dengan penyusunan naskah akademik,"ujarnya.

Rahmat menjelaskan, naskah akademik Raperda yang berasal dari Komisi, sebetulnya sudah masuk pada Program Pembentukan Perda Tahun 2018. Namun tahapan pembahasannya tidak bisa dilaksanakan, mengingat hanya menyisakan waktu satu bulan."Karena itu, kami menyapakati dan menyetujui untuk dimasukan dalam Program Pembentukan Perda Tahun 2019. Jadi pembahasanya dilanjut tahun depan,"jelasnya.

Mengenai Raperda Prakarsa DPRD yang saat ini sedang dibahas dalam Rapat Komisi, Rahmat berharap bisa diselesaikan pada bulan Desember 2018. Begitu juga dengan Raperda yang dilakukan fasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri bisa segera diplenokan dalam Rapat Komisi."Kami sudah berupaya semaksimalkan mungkin menjalankan program pembentukan Perda,"ucapnya sambil menutup pembicaraan. (hms)

LAINNYA

PIMPINAN DPRD

AGENDA

13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top