Senin, 18 November 2019 09:25:57 Wib



Berita Dewan

Pentingnya Membangun Aparatur Yang Berkarakter

Minggu, 03 Maret 2019 22:03:27 wib Dibaca: 177 Pengunjung
Desain : Muhamad Agus Salim

SERANG - Karakter merupakan sifat batin yang melekat pada diri pribadi yang mempengaruhi prilaku dan sikap seseorang. Oleh karenanya, membangun karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan hal yang urgent dilakukan oleh lembaga publik dalam rangka mengoptimalkan pelayan kepada masyarakat. 

Demikian hal tersebut disampaikan Sekretaris DPRD Provinsi Banten, Drs. E. A. Deni Hermawan, M.Si dalam acara talkshow Ngopi @ Parlement dengan tema "Membangun Aparatur Yang Berkarakter," Di Gedung DPRD Banten Kamis, (28/02/2019). 

"Mengapa kita menganggap penting pembangunan karakter dari ASN, karena menjadi bagian yang akan mengarahkan kita di dalam organisasi, di dalam masyarakat, maupun dirinya sendiri," ujar Drs. E. A. Deni Hermawan, M.Si saat menjadi narasumber. 

Dalam kesempatan itu, hadir juga sebagai narasumber Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Banten, H. Furkon, AP., M.Si. dan Kasubag TU dan Kepegawaian Sekretariat DPRD Banten, Emboy Iskandar, S.Sos., M.Si.

Deni juga menyampaikan, dalam menanamkan kedisiplinan kepada pegawai, pihaknya juga mewajibkan kegiatan apel pagi untuk seluruh para pegawai di Sekretariat DPRD Banten. Menurutnya, hal tersebut dipandang perlu untuk menanamkan kedisiplinan bahwa sebagai lembaga pelayan publik harus tepat terhadap waktu. 

"Apel pagi ini adalah bagian dari bagai mana kita menciptakan, ASN yang disiplin terhadap waktu, sehingga nanti para ASN akan berorientasi terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kita juga ada pembinaan jasmani maupun rohani," tuturnya. 

Kemudian, dibawah pimpinannya, Sekretariat DPRD Banten telah mendapatkan penghargaan tiga kali berturut-turut sebagai lembaga pengumpul zakat terbaik di Provinsi Banten. Hal tersebut dinilai dari manajerial yang dilakukan tentang pengelolaan zakat oleh Sekteratiat DPRD Banten sudah teruji cukup baik.

"Kemudian sebagai informasi dalam waktu dekat ini kita juga akan mengadakan kegiatan yang bekerjasama dengan grup 1 kopasus, untuk mengirimkan seluruh pegawai stuktural dan pegawai fungsional dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur yang didalamnya substansi paling pokok adalah pembentukan karakter," imbuhnya. 

"Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan seperti itu, akan terbentuk karakter yang diharapkan oleh pemprov banten, yakni karakter pegawai yang siap dan mempunyai jiwa tanggung jawab serta dedikasi pada tugasnya," sambungnya. 

Lebih jauh Deni menjelaskan, bahwa sekretariat DPRD Banten memiliki tugas dan fungsi untuk memfasilutasi seluruh kegiatan anggota DPRD. Dengan aparatur yang berkarakter, ia berhatap pelayanan yang diberikan semakin maksimal. "Oleh karena itu, kita berharap seluruh aparatur dapat bergerak dan mempunyai komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi anggota dewan," tandasnya. 

Sementara itu, Kasubag TU dan Kepegawaian Sekretariat DPRD Banten, Emboy Iskandar, S.Sos., M.Si. mengatakan, ada beberapa upaya yang dilakukan sekretariat DPRD Banten untuk membangun karakter ASN yaitu salah satunya melalui sistem pengawasan internal. Kemudian untuk mendukung pembentukan karakter, pihaknya juga melakukan pelatihan pendidikan selama 3 hari. "Kita lakukan sistem pengawasan internal serta pelatihan pendidikan selama 3 hari dalam rangka membangun aparatur yang berkarakter," ujarnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Banten, H. Furkon, AP., M.Si. menambahkan pihaknya juga secara rutin setiap dua minggu sekali melakukan pengajian. Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa Seyogianya apa yang dilakukan adalah ibadah. "Kita juga ada olahraga bersama, kemudian dikita juga ada pemberian beasiswa untuk para pegawai dan masyarakat sekitar. Beberapa waktu lalu juga kita ada sunatan massal untuk warga sekitar dan donor darah. Kegiatan tersebut dilakukan dari dana patungan pegawai sebagai wujud menumbuhkan jiwa sosial,"pungkasnya. (Humas)

PIMPINAN DPRD

AGENDA

12
Kamis, 12 September 2019
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top