Minggu, 18 November 2018 00:44:15 Wib



Berita Dewan

Penegakan Perda Dinilai Belum Maksimal

Jumat, 12 Oktober 2018 19:48:10 wib Dibaca: 74 Pengunjung
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Zaid Elhabib foto bersama.

SERANG, HUMAS DPRD.-Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Banten dinilai belum maksimal. Penilaian tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Zaid Elhabib.

Menurut Zaid, ada beberapa faktor yang menyebabkan penegakan Perda Provinsi Banten belum maksimal, antara lain kurangnya Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)."Kalau SDM (Sumber Daya Manusia) memadai, penegakan Perda Provinsi Banten bisa maksimal,"kata Zaid, Jumat (12/10/2018).

Jumlah Perda Provinsi Banten dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2018 tidak kurang dari 110 Perda, diantaranya Perda Pelayanan Publik, Pengelolaan Sampah, Penyelenggaraan Pendidikan, Penyelenggaraan Perhubungan, Pembangunana Kepemudaan, Penyelenggaraan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, Perlindungan Perempuan dan Anak Terhadap Tindak Kekerasan, Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, Pengembangan dan Perlindungan Koperasi dan Usaha Kecil, Keamanan Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, Tanggung Jawab Sosial, Penanggulangan HIV dan AIDS, Perlindungan Lahan Pertanian, dan Retribusi Perpanjangan Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing.

"Jumlah Perda ini tidak sedikit, maka harus ada upaya penegakan Perda yang dilakukan Satpol PP Provinsi Banten maupun OPD yang lain. Jangan sampai Perda yang sudah dibuat tidak membawa manfaat bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Banten,"ujarnya.

Zaid menambahkan, Perda Provinsi Banten tidak hanya berasal dari Gubernur, juga merupakan Perda Prakarsa DPRD sehingga optimalisasi penegakan Perda harus benar-benar direalisasikan."Untuk Fungsi DPRD Provinsi Banten dalam pembuatan Raperda sebenarnya sudah berjalan dengan baik, karena setiap tahun melakukan pembahasan Perda baik usul Gubernur maupun Prakarsa DPRD. Ini harus sejalan dengan penegakannya,"harapnya sambil menutup pembicaraan. (hms)

LAINNYA

PIMPINAN DPRD

AGENDA

13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top