Minggu, 18 November 2018 00:34:59 Wib



Berita Dewan

Pembangunan TPST Regional Harus Segera Direalisasikan

Senin, 15 Oktober 2018 19:11:58 wib Dibaca: 27 Pengunjung
Pimpinan dan Anggota Komisi IV pada saat melakukan kunjungan kerja

SERANG, HUMAS DPRD.-Pemerintah Provinsi Banten melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diminta merealisasikan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Regional. Permintaan tersebut disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Banten, Najib Hamas.

Dikatakan Najib, pembangunan TPST Regional di Provinsi Banten sudah masuk dalam Rencana Kerja Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022. Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Banten sudah memiliki Perda Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah, dimana didalamnya mengatur tugas, wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Daerah."Kami berharap apa yang sudah menjadi keputusan ini, menjadi pegangan Pemerintah Provinsi Banten dalam membangun TPST Regional,"kata Najib, Senin (15/10/2018).

Menurut Najib, Pemerintah Provinsi Banten sudah seharusnya memiliki TPST Regional, karena keberadaan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) di Kabupaten/Kota, khususnya di Kota Serang sudah tidak memadai sehingga fasilitas publik seperti jalan raya dan pemukiman warga menjadi lokasi pembuangan sampah. "Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan terus menerus, perlu ada langkah-langkah dari Pemerintah Provinsi Banten salah satunya dengan merealisasikan pembangunan TPST Regional,"ujarnya.

Ditambahkan Najib, jika tidak dikelola dengan baik, keberadaan sampah yang umumnya berasal dari sampah rumah tangga dapat menimbulkan berbagai persoalan, baik masalah kesehatan masyarakat maupun lingkungan."Masalah lingkungan itu menjadi vital, karena menyangkut keberlangsungan hidup masyarakat. Maka, kami mendorong Pemerintah Provinsi Banten merealisasikan pembangunan TPST Regional,"imbuhnya. Diketahui, Pemerintah Provinsi Banten berencana pembangun TPST Reional di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang dengan lahan seluas 40 hektare. (hms)

LAINNYA

PIMPINAN DPRD

AGENDA

13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top