Senin, 18 November 2019 09:21:50 Wib



Berita Dewan

Menguatkan Wisata Religi Dalam Promosi Pariwisata Banten

Selasa, 05 Maret 2019 08:51:20 wib Dibaca: 79 Pengunjung

SERANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) telah menyiapkan langkah-langkah konkrit untuk melakukan recovery terhadap pariwisata Banten pasca tsunami yang melanda perairan Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu. 

Ketua DPRD Provinsi Banten H. Asep Rahmatullah menyampaikan, bahwa penguatan icon pariwisata khas Banten dinilai sangat efektif sebagai upaya meningkatkan kunjungan pariwisata. Oleh karena itu, ia menghimbau agar masyarakat dan pelaku usaha pariwisata membuat tagline “wisata religi” dalam promosi wisata yang sesuai dengan nilai-nilai budaya Banten seperti kegiatan ekonomi bercorak budaya Banten, kesenian banten dan kulinari khas Banten.

"Saya kira dengan mengangkat Banten sebagai wisata religi, ini akan jauh berefek dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Provinsi Banten. Karena Banten terkenal dengan nilai budaya dan adat istiadanya yang kental. Sehingga, tagline Wisata Religi sangat tepat untuk dipromosikan," ujarnya. 

Kemudian, untuk percepatan pemulihan pascatsunami Banten, Ketua DPRD Provinsi Banten ini juga meminta agar pelaku usaha pariwisata dapat berkoordinasi dengan stakeholder, Kementerian Pariwisata, Gubernur Provinsi Banten, walikota serta bupati di wilayah Provinsi Banten, Polri maupun TNI. 

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong dan menghimbau OPD di Pemprov Banten maupun pemkab dan pemkot di wilayah provinsi Banten agar melakukan kegiatan rapat di hotel umumnya di wilayah Banten khususnya, wilayah hotel yang terdampak bencana tsunami seperti Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung. Hal tersebut menuritnya dapat menstabilkan dan menumbuhkan kembali geliat ekonomi bagi masyarakat dan pelaku usaha bidang pariwisata. 

"Langkah konkrit lainnya yang dilakukan DPRD Provinsi Banten yaitu tahun 2019 ini telah disetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Pariwisata di Provinsi Banten guna mendukung dan menyiapkan payung hukum bagi para pelaku usaha di bidang pariwisata," pungkasnya. (Humas)

 

PIMPINAN DPRD

AGENDA

12
Kamis, 12 September 2019
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top