Minggu, 19 Mei 2019 17:18:24 Wib



Berita Dewan

Melihat Kelestarian Masyarakat Adat Baduy Dalam Seba Baduy 2019

Senin, 06 Mei 2019 16:12:13 wib Dibaca: 19 Pengunjung

SERANG. -  Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara adat Seba Baduy diikuti oleh ribuan masyarakat baik dari pribumi, luar daerah, bahkan hingga mancanegara. Acara puncak seba baduy 2019 seperti biasa dilaksanakan di Halaman Museum Negeri Banten Kota Serang. Minggu (05/05/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata RI Retno Eko Astuti, Pj. Sekda Banten Ino S. Rawita, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten, serta Forkopimda Banten. Dalam Seba Baduy 2019 kali ini dihadiri sebanyak 1.037 masyarakat Baduy.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Banten H. Wahidin Halim yang di anggap sebagai “Bapak Gede” oleh masyarakat adat baduy menyampaikan, bahwa masyarakat Baduy merupakan masyarakat yang patut dicontoh oleh masyarakat yang berada di luar Baduy. Menurutnya, masyarakat Baduy merupakan masyarakat yang damai, harmonis, tenang, saling menghargai dan saling gotong royong. “ Hal ini merupakan contoh bagi masyarakat yang berada di luar Baduy “ tuturnya.

Kemudian, terkait permintaan masyarakat Baduy agar dibuatkan perda masyarakat adat. Gubernur mengaku, pihaknya menyanggupinya. Ia berharap melalui perda tersebut dapat  menjaga kelestarian adat istiadat dan lingkungan masyarakat Baduy. Karena menurutnya, Sebagai Gubernur Banten dirinya memiliki kewajiban untuk mempertahankan dan menjaga  lingkungan serta adat istiadat masyarakat Baduy. “Tidak perlu menunggu persetujuan dari pemerintah pusat karena kita (Pemprov Banten) akan segera membuat perda tersebut,“ katanya.

Gubernur juga meminta kepada segenap jajaran Pemerintah Provinsi Banten untuk membantu secara penuh terhadap kelangsungan masyarakat Baduy. Kemudian, Gubernur berpesan kepada para pengunjung yang akan mengunjungi daerah Baduy untuk menjaga lingkungan Baduy. “Jangan dirusak (Lingkungan) walaupun satu ranting pohon, mari bersama jaga lingkungan Baduy,“ tandasnya. (HUMAS)

PIMPINAN DPRD

AGENDA

13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top