Selasa, 19 Juni 2018 23:35:46 Wib



Berita Dewan

Komisi I Pelajari Singkronisasi Data Kependudukan

Jumat, 02 Februari 2018 16:20:53 wib Dibaca: 31 Pengunjung
Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke BPS Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Jumat (2/2/2018).

LAMPUNG, HUMAS DPRD-Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Jumat (2/2/2018). Kunjungan kerja Komisi I tersebut diterima Kepala BPS Provinsi Lampung, Yiane Irmaningrum berserta jajarannya.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Zaid Elhabib mengatakan, kunjungan kerja Komisi I ini dalam rangka koordinasi terkait kerjasama BPS Provinsi Lampung dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam sinkronisasi data kependudukan di Daerah Provinsi Lampung."Kami ingin mengetahui singkronisasi data kependudukan yang dilakukan BPS Provinsi Lampung,"kata Zaid.

Menanggapi hal itu, Kepala BPS Provinsi Lampung, Yiane Irmaningrum mengatakan, berkaitan dengan sinkronisasi data kependudukan antara BPS dengan Disdukcapil Kabupaten/Kota atau Pemerintah Provinsi Lampung, tidak akan bisa sinkron karena cara perhitungan kedua lembaga ini berbeda."Sistem statistik yang dilakukan Disdukcapil berdasarkan KK dan KTP walaupun orangnya berada diluar daerah. Sedangkan BPS menghitung berdasarkan orang yang berdomisili ditempat itu karena dia menikmati fasilitas pendidikan, kesehatan dan lain-lain ditempat dimana dia tinggal,"kata Yiane Irmaningrum, seraya menambahkan jumlah penduduk Provinsi Lampung tahun 2017, yaitu 8.289.577 jiwa.

Usai mendengarkan penjelasan dari Yiane Irmaningrum, Zaid mengaku akan menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Komisi I dengan BPS atau OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, sehingga singkronisasi data kependudukan di Provinsi Banten bisa dilakukan."Singkronisasi data kependudukan antara BPS dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota ini sangat penting, karena jika data kependudukan beda tentu membingungkan masyarakat,"ucapnya sambil menutup pembicaraan. (hms) 

 

LAINNYA

PIMPINAN DPRD

AGENDA

Top