Selasa, 24 April 2018 15:48:34 Wib



Berita Dewan

Komisi I Pantau Persiapan Pilkada Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 Januari 2018 15:33:00 wib Dibaca: 27 Pengunjung
Komisi I DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Tangerang, Jumat (26/1/2018).

SERANG, HUMAS DPRD-Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan anggaran melalui bantuan hibah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang sebesar Rp 110 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan untuk pembiayaan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang yang digelar secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018."Hasil kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Banten ke KPU Kabupaten Tangerang, Jumat (26/1/2018). Diketahui, KPU Kabupaten Tangerang memiliki anggaran untuk pembiayaan penyelenggaraan Pilkada sebesar Rp 110 miliar,"kata Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Zaid Elhabib.

Pemerintah Kabupaten Tangerang dan KPU Kabupaten Tangerang telah menandatangani naskah perjanjian hibah daerah. Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 89/PMK.05/2016 tentang Tata Cara Pengelolaan Hibah Langsung Dalam Bentuk Uang Untuk Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Kemudian, Keputusan KPU RI Nomor 88/KPTS/KPU/Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pengelolaan, Penyaluran, dan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Dana Hibah Untuk Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau WaliKota dan Wakil Walikota. "60 persen anggaran Pilkada Kabupaten Tangerang digunakan untuk membayar anggota PPK di 29 Kecamatan, anggota PPS dan KPPS di 274 Desa/ Kelurahan di Kabupaten Tangerang,"ujarnya.

Untuk sisanya, lanjut Zaid, digunakan untuk keperluan logistik dan sosialisasi Pilkada Kabupaten Tangerang."Pencairan anggarannya dibagi dalam dua tahap, yaitu pada tahun anggaran 2017 sebesar Rp 20 miliar, dan pada tahun anggaran 2018 sebesar Rp 90 miliar,"terangnya, seraya mengingatkan kepada KPU Kabupaten Tangerang untuk menggunakan anggaran sesuai dengan peruntukannya. "Kami juga berharap besaran anggarannya harus ditunjang dengan kinerja yang baik, jangan sampai ada masyarakat Kabupaten Tangerang tidak mengetahui jadwal dan tidak terdaftar sebagai pemilih,"harapnya. (hms)

LAINNYA

PIMPINAN DPRD

AGENDA

Top