Selasa, 16 Juli 2019 23:25:35 Wib



Berita Dewan

Kaum Perempuan Harus Berperan Aktif Dalam Politik Dan Pemerintahan

Kamis, 07 Maret 2019 15:09:45 wib Dibaca: 58 Pengunjung

SERANG - Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Hj. Adde Rosi Khoerunnisa, S.SOS., Msi mendorong kaum perempuan di Provinsi Banten agar dapat berperan aktif dalam politik dan sistem pemerintahan. Menurutnya hal tersebut sejalan dengan adanya kebijakan afirmasi yang mendorong 30 persen keterwakilan perempuan di dalam kepengurusan partai politik.

Sebagai salah satu tokoh politik perempuan yang ada di Provinsi Banten, Adde Rosi menceritakan awal mula kiprahnya di dunia politik berawal dari organisasi Himpaudi. Saat itu, dirinya sering bertemu dengan para pengelola PAUD, dan guru-guru PAUD yang menyampaikan aspirasi serta keinginannya untuk pengembangan PAUD. 

"Saya berpikir untuk bisa mewujudkan aspirasi dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut, saya harus masuk ke dalam politik dan pemerintahan. Karena kalau tidak masuk dalam sistem itu, kita tidak bisa ikut menentukan kebijakan,” ujarnya. 

Kemudian pada tahun 2009 silam, keinginannya menjadi wakil rakyat pun terwujud dengan diberikannya amanah mejadi anggota DPRD Kota Serang. Setelah itu, pada tahun 2014 hingga saat ini dirinya kembali mendapat amanah sebagai wakil rakyat di Parlemen Banten.

Ia mengungkapkan, bahwa keterwakilan perempuan di DPRD Provinsi Banten pada periode 2014-2019 belum memenuhi kuota 30 persen sesuai yang diamanatkan undang-undang. Padahal menurutnya, ruang bagi perempuan berkiprah di dunia politik dan pemerintahan terbuka luas, salah satunya yakni melaui undang-undang Pemilu yang mewajibkan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

Oleh karena itu, Adde Rosi berharap di Pemilu Legislatif 2019 keterwakilan perempuan di DPRD Provinsi Banten maupun di DPRD kabupaten kota di Banten bisa memenuhi kuota 30 persen.

“Jika keterwakilan perempuan sudah memenuhi 30 persen. Pasti akan lebih banyak masyarakat yang mendengar, lebih banyak pemimpin yang mendengar, dan lebih banyak harpan masyarakat yang terdengar. Jadi, itulah kenapa perempuan harus berperan aktif dalam politik dan Pemerintahan,” tandasnya. (Humas).

 

PIMPINAN DPRD

AGENDA

13
Selasa, 13 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
01
Kamis, 01 November 2018
Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten
(Sudah dilaksanakan)
Top