Rabu, 18 Juli 2018 12:13:18 Wib



Berita Dewan

6 Jenis Infrastruktur Diatur Raperda Prakarsa DPRD

Kamis, 03 Mei 2018 14:03:35 wib Dibaca: 273 Pengunjung
Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Banten, Eri Suhaeri (mengenakan kemeja putih).

SERANG,HUMAS DPRD-Enam jenis infrastruktur diatur di dalam materi muatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Prakarsa DPRD tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur dengan Pembiayaan Tahun Jamak. Keenam jenis infrastruktur tersebut, yakni jalan dan jembatan provinsi, fasilitas pendidikan, fasilitas  sarana  dan prasarana  olahraga, kawasan, kesehatan, dan gedung.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Banten, Eri Suhaeri mengatakan, dengan diaturnya enam jenis infrastruktur ini sudah memperluas jangkauan dan arah pengaturan materi muatan, serta dijadikan sebagai induk pembangunan infrastruktur di Provinsi Banten."Enam jenis infrastruktur yang diatur dalam materi muatan Raperda Percepatan Pembangunan Infrastruktur ini sudah menjadi kesempatan Komisi IV dengan OPD terkait pada rapat pembahasan,"kata Eri di KP3B, Curug Kota Serang, Kamis (3/5/2018).

Menurut Eri, ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi rujukan mengatur enam jenis infrastruktur dalam Raperda Percepatan Pembangunan Infrastruktur, antara lain Peraturan Presiden Nomor 122 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2014 tentang Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, dan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur.

Sedangkan pembiayaan tahun jamak, lanjutnya mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. "Pembangunan infrastruktur di Provinsi Banten merupakan salah satu prioritas dalam Perda Nomor 7 Tahun  2017  tentang RPJMD Provinsi Banten Tahun  2017-2022,"ujarnya.

Ditambahkan Eri, tujuan Raperda Percepatan Pembangunan Infrastruktur, yakni memberikan  kepastian  arah,  target,  sasaran  dan  tahapan penyelesaian  kegiatan  pembangunan  dan  pemeliharaan  yang  tidak dapat  dicapai  dalam  jangka  waktu satu tahun anggaran."Juga mewujudkan peningkatan akses pelayanan  kepada  masyarakat, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan daya saing daerah,"jelasnya.

Untuk mewujudkan salah satu target pembangunan infrastruktur dalam RPJMD, Eri menegaskan, Pimpinan dan Anggota Komisi IV sudah sepakat untuk segera melakukan Rapat Pleno Raperda Percepatan Pembangunan Infrastruktur."Mudah-mudahan bulan Juli 2018, Raperda Percepatan Pembangunan Infrastruktur bisa diparipurnakan,"harapnya. (hms)

PIMPINAN DPRD

AGENDA

Top